Grotius:
Law is a rule of moral action obliging to that which is right”
(Hukum adalah sebuah aturan tindakan moral yang akan membawa kepada apa yang benar).

Selasa, 30 Maret 2010

HUKUM DAN KEJAHATAN


Oleh,

Prima Angkupi
FH


Seorang mahasiswa bertanya pada dosen nya..

Mahasiswa : pak…!!saya ingin bertanya …….??

Dosen : silah kan ..tapi jangan yang mudah ya….

Mahasiswa : pak.. kenapa masih banyak kejahatan dinegara kita ,,padahal indonesia kan negara hukum…??

Dosen : gini lo nduk….Kehidupan masyarakat semakin kompleks ,kita dapat melihat efektifitas hukum semakin menyempit ..dikala perkembangan teknologi yang disertai dengan modus-modus kejahatan yang semakin canggiih ,ternyata hukum kita masih belum dapat menjangkaunya.. hal tersebut karena masih lemah nya subsistem hukum indonesia ,,yang tidak dapat dipungkiri lagi adalah aturan hukum, kita pada saat ini hanyalah modifikasi dari hukum kolonial..bangsa indonesia memang suka memodifikasi tapi tidak suka memebuat. Ternyata ,bukan hanya motor yang dimodif tapi aturan hukum juga ..jadi jangan heran jika peran hukum dalam masyarakat tidak mencapai klimaksnya,,efektifitas hukum hanya pelengkap ,masih banyak aturan yang perlu diperbaiki Dalam bidang ilmu pengetahuan hukum.. Sebenarnya hukum Indonesia perkembangannya sudah menuju pada hukum yang modern, ditandai dengan diterimanya hukum sebagai alat rekayasa sosial, sebagai sarana kebijakan negara..tapi terjadi ketidak seimbangan karena perubahan sosial yang begitu cepat belum diimbangi oleh perkembangan hukum…………!!!!!!!

Mahasiswa : berarti kita harus merivisi aturan hukum dong pak ..agar tidak ada kejahatan lagi..?

Dosen : yai yalah masak iya dunk…. Sebenarnya selain dari aspek aturan hukum hal tersebut juga dipengaruhi oleh konteks seperti kondisi-kondisi sosial, ekonomi, politik, budaya, hukum dan hankam serta struktur-struktur yang ada..kunci utamanya adalah pendidikan ,pendidikan membawa pengaruh yang mutlak dalam aspek kehidupan terutama hukum ..neh contoh nya..jika seseorang tidak berpendidikan pasti akan sulit mendapat pekerjaan dan akan muncul dilema baru yaitu kemiskinan,,kemudian kita relasikan kembali pada masalah kemiskinan , setiap orang akan berusaha mempertahankan hidup nya untuk makan dan kebutuhan pokok..hal tersebut akan memancing seseorang untuk mencuri. atau berbuat kejahatan.sebenarnya kejahatan terjadi untuk bertahan hidup…jadi pendidikan merupakan hal yg sangatlah penting bagi masyarakat..!!!!

Mahasiswa : jadi …yang salah siApa dung pak..?

Dosen : yang pasti, bukan saya yang salah donk,! kan saya Cuma dosen …hehehe…sebenarnya jika ingin menyalah kan kita tidak dapat memvonis siapa Pun …Cuma mungkin pemerintah baik legislatif atau esekutif masih lalai dalam masalah pendidikan ,,pendidikan itu sangat penting krn berdampak pada segala aspek kehidupan..seharusnya masyarakat jangan dimanjakan dengan subsidi atau BLT..tetapi pendidikan lah yang harus lebih besar dianggarkan..pendidikan adalah solusi yang akan kita rasakan sebagai grandisain jangka panjang seharusnya pendidikan lebih diutamakan… maka nya um metro itu motonya solusi sukses untuk masa depan didunia dan akhirat..

Mahasiswa : oooooooo…..!!!!!!!????!!!????!!!!!!!!!!.......................!!!!!!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar